Senin, 21 Juni 2010

BENTENG KUTO BESAK

BENTENG KUTO BESAK
Oleh: Icha Alma


Jembatan Ampera yang begitu tinggi dan indah, dibawahnya ada sungai musi yang terbentang luas dan banyak sekali kapal-kapal air dan perahu-perahu yang menghiasi sungai musi itu. Dipinggirnya terletak Beteng Kuto Besak yang merupakan tempat wisata orang-orang Palembang atau pun daerah-daerah lainnya. Tempat wisata itu selalu dikunjungi orang-orangtidak hanya dari Palembang saja dari Negara-negara tetangga pun juga ada yang datang. Benteng Kuto Besak letaknya sangat strategis sekali selain ditengah-tengah kota, letaknya juga berdampingan dengan Museum yang ada di Palembang.
Dipinggir sungai musi, terdengar suara-suara kapal air yang menggunakan mesin dan kendaraan-kendaraan yang lalu lalang diatas sungai musi yaitu pada jembatan Ampera, sehingga pengunjung Museum dan Benteng Kuto Besak sabngat sering sekali terusik telinganya, tetapi itu tidak mengurangi kenyamanan pengunjung karena hal itu sudah terbiasa, apalagi terkadang ada pengamen-pengamen yang mengalunkan lagunya dengan merdu dan tidak menutup kemungkinanada juga sesekali datang orang gila yang mengusik pengunjung Benteng Kuto Besak, maklum karena Benteng Kuto Besak tempatnya umum dan berdampingan dengan jalan yang sering sekali dilalui kendaraan-kendaraan umum dan angkot-angkot yang mencari penumpang dan juga ada yang menghantarkan penumpang ketempat wisata ini.
Dipinggir jalan seberang Benteng Kuto Besak tertata lampu-lampu hias dan pohon-pohon yang berbaris secara beraturan, yang sering tertiup angin sepoi-sepoi, sehingga bisa membuat sejuk atau dingin sekejap tempat wisata itu. Walaupun sering panas suasananya, tetapi pengunjung tidak henti-hentinya datang ke Benteng Kuto Besak pagi, siang, atau pun sore hari, bahkan malam harisemakin ramai pengunjungnya, baik muda-mudi, orang tua banyak yang datang menikmati keindahan Benteng Kuto Besak.
Suasana malam hari di Benteng Kuto Besak nikmatnya melebihi pada siang hari, selain suasananya dingin dimalam hari, terdapat orang-orang berjualan seperti jualan bunga yang ada lampunya sehingga kelihatan semakin memperindah Benteng Kuto Besak. Ditambah lagi lampu-lampu hias yang memang dipasang dipimggir sungai musi itu menambah indah tempat wisata itu. Ampera dimalam hari juga sangat indah, diketinggian jembatan Ampera itu terlihat lampu-lampu kecil yang banyak seperti kerlipan bintang-bintang di Langit yang hidupnya secara bergantian, lampu-lampu hias itu berwarna-warni ada yang berwarna merah, hijau, kuning, dan lain sebagainya. Sehingga tak bosan-bosannya untuk menikmati keindahan Benteng Kuto Besak sebagai salah satu tempat wisata di kota Palembang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar