Rabu, 14 Juli 2010

RAHASIA HATI

RAHASIA HATI
Oleh: ROSITA DEWI

“Salahku yang tak mengerti arti dari kenyataan hidup. Kau bukan untukku, aku tak mengerti dengan apa yang terjadi, perasaan yang seperti ini membuat hidupku menjadi tak tenang”, kata Agnes yang sedang aktif dengan komputernya sambil memandangi fotonya.

“Hai, Agnes. Lagi ngapain?”, suara Dimas sahabat kecilnya Agnes yang mengagetkan Agnes.

“Ah nggak…., aku nggak lagi ngapa-ngapain kok ! Kamu ini kayak tuyul aja tiba-tiba ada dalam kamar aku”, kata Agnes sambil memutar kursinya.

“Kalo nggak lagi apa-apa, kenapa aku ketok pintu kamar kamu, kamunya diem aja, kamu ngelamun ya?”, tanya Dimas sambil mengambil gitar.

“Dim, sampe kapan aku harus bersabar. Aku ngeharapin banget dia jadi milik aku !!! Kamu tahu kan aku suka banget sama dia sejak tiga tahun lalu. Setiap pulang sekolah aku sering banget liat dia jalan sama pacarnya, dan mereka keliatan mesra banget. Dimaasssss…kamu denger nggak sih aku ngomong….?!!!”, ujar Agnes sambil melemparkan pensil ke arah Dimas.

“Apa-apaan sih, sakit tau! Aku dengerin kok!”, jawab Dimas. “Kamu sabar aja deh, Nes. Siapa tahu ntar dia putusan sama pacarnya dan dia pasti bisa jadi milik kamu”, ucap Dimas meyakinkan Agnes.

“Agnes…, nih Kak Alda udah datang. Kamu latihan piano dulu. Main-main sama Dimas ntar disambung lagi aja”, kata Mamanya di depan pintu kamarnya.

“Iya Ma”, jawab Agnes sambil bersiap dan turun. “Sampe ketemu besok yak, Dim. Da…da…Makasih nasehatnya yak”, kata Agnes pada Dimas.

Di sekolah Agnes langsung masuk kelas dan duduk. Tak lama kemudian suara Egi pun terdengar memanggil Agnes.

“Agnes…..! Kamu dipanggil sama Dimas, dia ada di perpustakaan sekarang”, kata Egi.

“Oh iiii…ya, makasih yak Gi”, jawab Agnes dengan gugup.

“Dimasss, apa-apaan sih kamu? Kamu sengaja nyuruh Egi buat manggilin aku yak?”, tanya Agnes.

“Iya, tapi kamu suka kan?”, jawab Dimas sambil ngeledek Agnes.

“Suka sih pasti, tapi aku kaget dan selalu nggak PeDe kalo di depan dia!”, ujar Agnes.

“Kenapa harus nggak PeDe, kamu cantik, pintar, terus apa lagi yang kurang? Emang sih…kamu ada kekurangan!”. jawab Dimas lagi.

“Apa kekurangan aku…?”, tanya Agnes.

“Kekurangan kamu adalah suka menyia-nyiakan kesempatan. Seharusnya kamu ajak Egi ngobrol, kan nggak ada salahnya kalo kamu minta dia nemenin kamu ke perpus tadi. Toh kamu udah lumayan dekat”, jawab Dimas.

“ Iya emang, tapi gimana mau minta dia nemenin aku kesini tadi? Dia kan udah punya pacar ntar takutnya pacarnya marah lagi”, jawab Agnes.

“Kamu tahu kan kalo belum nikah, kan masih milik bersama”, ujar Dimas sambil berjalan pergi meninggalkan Agnes sendirian di perpus.

Nggak lama, Egi datang mendekati Agnes. Dan……

“Hai Nes, lagi baca buku ya?”, tanya Egi. “Aku kesini bukan buat baca buku atau cari buku, kan katanya kamu yang manggil aku kesini?”, ujar Egi.

Iya, aku tahu, jawab Agnes dalam hati. Ini pasti kerjaannya Dimas. Dasar, kalo mo bikin rencana bilang dulu, jadi nggak kayak gini kejadiannya.

“Hallo…, kok malah ngelamun sih…!”, Egi melambaikan tangannya di depan wajah Agnes, dan Agnes pun tersadar dari lamunannya.

“Oh.. Sorry…aku lupa, maklum lagi serius baca buku, jadi aku lupa kalo aku yang nyuruh Dimas buat panggil kamu”, jawab Agnes.

“Oh ya, nyantai aja lagi. Aku nggak marah kok, emangnya ada apa sih? Tumben manggil aku?”, tanya Egi.

“Iya, begini, kamu mo nggak temenin aku beli sesuatu ntar pulang sekolah?”, tanya Agnes.

“Pulang sekolah, kayaknya nggak bisa deh”, jawab Egi. “Soalnya hari ini bertepatan dengan satu tahun kami pacaran. Jadi…sepulang sekolah ini aku mo ngasih kejutan sama pacar aku”, jawab Egi yang sedikit mengecewakan Agnes.

“Kamu sayang banget ya sama pacar kamu itu?”, tanya Agnes sedikit penasaran.

“Iya, tapi kamu juga sayang kan sama Dimas pacar kamu itu?”, Egi balik bertanya.
“Iya emang, tapi rasa sayang itu nggak lebih dari teman biasa dan kami bukannya sepasang kekasih kok…”, jawab Agnes menjelaskan.

“Oh ya, gimana kalo perginya besok aja, aku jemput kamu di rumah”, tawar Egi.

“Oh nggak usah, aku bisa minta temenin Dimas kok!”, jawab Agnes. Aku nggak mo ngerepotin kamu. Lagi pula aku butuhnya hari ini”, Agnes menolak tawaran Egi.

Sepulang sekolah, Agnes menceritakan semuanya kepada Dimas. Dasar bodoh. Kenapa kamu tolak tawaran Egi?”, gumam Dimas.

“Nggak Dim, udah cukup, aku udah capek dan bosan dengan perasaan ini”, jawab Agnes. Dan Agnes meletakkan kepalanya ke punggung Dimas sambil menangis.

“Ya udah, aku pengen ke Yogya aja, dan aku bakal berusaha melupakan semua ini. Lagipula tante aku ngajak ke Yogya dan tinggal sama dia”, ujar Agnes.

“Siapa yang mau curhat dan nemenin aku lagi?”, tanya Dimas dengan perasaan tak rela.

“Ya kan ada telpon, aku bisa menghubungi kamu lewat telpon aja, kita masih bisa curhat kok”, jawab Agnes. “Dimas…., cuma ini salah satu jalan menuju gerbang kebahagiaan hidupku dan buat menutup kesedihanku. Dimas, aku juga nggak mau kehilangan kamu tapi ini jalan terbaik buat aku”, ucap Agnes.

“Agnes…, kalo emang di Yogya bisa buat kamu bahagia, aku akan sepenuh hati untuk membantu kamu mengurus kepindahan sekolah”, jawab Dimas dengan memelas.

Keesokan harinya di sekolah, Dimas mengurus semua surat-surat pindah Agnes, sedangkan Agnes duduk melamun di bangku kelas. Dalam hatinya, Agnes sangat berat hati meninggalkan kedua orang yang sangat ia sayangi, yaitu Dimas yang udah dianggepnya kayak kakaknya sendiri dan Egi yang sudah lama ia taksir.

“Agnes, ini surat pindahmu”, kata Dimas sambil memberikan surat.

Besoknya, Agnes berkata kepada Dimas, “Dim, mau nggak kamu nolongin aku?”

“Iya, apa yang bisa aku bantu?”, jawab Dimas.

“Tolong kasih surat ini sama Egi ya, dan sampein salam maaf aku sama dia”, ujar Agnes dengan wajah yang sendu.

“Agnes, aku pengen ngomong sesuatu yang selama ini aku simpan, tapi berhubung kita nggak bakalan ketemu lagi maka aku sekarang akan mencoba untuk berani mengatakannya sama kamu. Jujur, aku emang suka cemburu dan aku sangat rindu sama kamu. Aku nggak bisa melakukan yang seharusnya aku lakukan”, Dimas menatap Agnes.

Dari kejauhan Egi berteriak, “Dimas, kenapa kamu nggak pernah bilang kalo Agnes suka sama aku?!”.

“Itu nggak penting, lagipula Agnes nggak mau merusak hubungan kamu dengan pacar kamu. Dan yang Agnes mau dari kamu cuma senyuman kamu dan pengertian kamu aja. Memang cinta nggak bisa dipaksain, mungkin kepergiannya ini akan dia bisa menemukan kebahagiaan yang sama dengan apa yang dia berikan”, ujar Dimas menjelaskan.

Dimas, kamu adalah sahabat yang baik”, ucap Egi sambil menepuk bahu Dimas.

“Aku sayang dan mencintainya tapi cintanya itu cuma buat kamu Dimas”, dan Egi pun meninggalkan Dimas.
“Dimasssssssss…, selamat tinggal !”, ucap Agnes dengan senyuman kecil sambil menuju ke dalam mobil yang akan menuju ke Yogya.

Di tempat lain, Dimas memberikan surat Agnes untuk Egi. “Ini surat Agnes buat kamu, Egi”, Dimas pun langsung pergi.

Dengan perasaan senang, Egi membuka surat itu dan langsung membacanya……

Palembang, 29 April 2007
Salam sayang,
Egi, mungkin setelah kamu membaca surat ini aku udah pindah ke Yogya. Maaf kalo aku udah menyita waktu kamu. Maafin aku juga yang selama ini mencuri pandang untuk liat kamu, perhatiin kamu, mikirin kamu, dan semakin sering aku mikirin kamu semakin benci aku sama diri aku sendiri. Nggak tau kenapa perasaan ini ada sama aku, aku juga nggak ngerti, dan mungkin kamu nggak pernah ngerasain perasaan aku ini.
Aku tau kalo emang cinta itu nggak perlu dipaksain. Dan cinta itu nggak harus saling memiliki. Asal kamu bahagia, aku juga ikut bahagia. Kamu udah punya seseorang yang bisa menjadi pendamping kamu, dan bahagia mu adalah bahagiaku.

Tertanda,
-AGNES-

*TAMAT*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar